Pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) di Kulon Progo

Kamis, 27 Februari 2014 11:01:46 - Oleh : bagian adm. perekonomian
Rakor FP-TSP  

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau lebih dikenal dengan CSR/Corporate Social Responsibility, di Kabupaten Kulon Progo diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 22 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 30 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 22 Tahun 2012. Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial (FP- TSP) yang diketuai oleh Fahmi Idries Akbar, SE, MM (Direktur Utama PD. BPR. Bank Pasar), pada awal pembentukan dipelopori oleh PD. BPR. Bank Pasar Kulon Progo, Perumda Aneka Usaha Kulon Progo, PDAM Tirta Binangun, PT. Selo Adikarto, BRI Cabang Wates, PT. BPD DIY, KADIN, dan beberapa Pengusaha di Kabupaten Kulon Progo yang tergabung dalam GAPENSI.

Dalam pengelolaan program TSP, Forum Pelaksana TSP dibantu oleh Sekretariat Bersama FP-TSP yang diketuai oleh Ir. Rita Purwanti Eni Widayati, MM (Direktur PD. BPR Bank Pasar). Adapun ketugasan Sekretariat Bersama Forum TSP adalah membantu kelancaran perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi TSP. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 22 Tahun 2012, Program TSP meliputi Program Bina lingkungan dan sosial, Kemitraan usaha mikro, kecil dan menengah dan Bantuan langsung masyarakat. Tahun 2013 program TSP diprioritaskan untuk pemberdayaan dan bantuan bagi masyarakat kurang mampu.

Beberapa program TSP yang telah dilaksanakan pada tahun 2013 diantaranya, pengelolaan sampah Kota Wates, beasiswa untuk siswa berprestasi, pemberdayaan Pedagang Kaki Lima, bantuan bedah rumah, bantuan hewan qurban, batuan pembatas jalan (traffict cone), penanaman pohon, pemberdayaan kelompok tani, pengelolaan taman Kota Wates dan sebagainya. Dari beberapa program yang telah disyahkan oleh FP-TSP, masih ada program yang belum teralisasi dan diharapkan pada bulan Juni seluruh program TSP tahun 2013 dapat terealisir.
Untuk ke depan diharapkan seluruh Perusahaan yang berada di Kulon Progo dapat bergabung dalam Forum Pelaksana TSP, sehingga seluruh kegiatan TSP yang dilakukan oleh Perusahaan dapat terinventarisir dan teradministrasi dengan baik. Melalui Forum TSP ini juga diharapkan pelaksanaan program TSP dapat merata dan menyentuh seluruh wilayah di Kulon Progo dan dapat diketahui jumlah dana TSP dari Perusahaan yang digunakan untuk membantu masyarakat di Kabupaten Kulon Progo. 

« Kembali | Kirim | Versi cetak