Sosialisasi dan Internalisasi Budaya Kerja Pemerintahan “SATRIYA"

Rabu, 29 Juli 2015 15:09:54 - Oleh : zc
 

Biro Organisasi Setda DIY bekerjasama dengan Bag. Organisasi Setda Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Sosialisasi dan Internalisasi Budaya Kerja Pemerintahan "Satriya" selama 2 hari 27-28 Juli 2015 di Gedung Kaca Kabupaten Kulon Progo. Berbeda dengan sosialisasi sebelumnya, kali ini yang diundang adalah Pejabat Eselon III dan IV  se-Kabupaten Kulon Progo.

Sosialisasi dan internalisasi tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo, Ir. RM. Astungkoro, M.Hum dengan narasumber diantaranya RM. Tirun Marwito, SH (K.R.T Jatiningrat), Ir. Yuwono Sri Suwito, MM (KRT. Widya Anindito), dan Arif Noor Hartanto, S.IP (Wakil DPRD DIY).

Dalam paparannya, narasumber menjelaskan lebih detail filosofi dalam Budaya Kerja "Satriya" diantaranya Sawiji (Apabila sedang memikul tanggung jawab atau mempunyai cita-cita, maka konsentrasi harus diarahkan ke tujuan yang satu, seperti pepatah : Pamenthanging Gandhewa, Pamanthenging Cipta), Greget (Dinamik dan semangat harus diarahkan ke tujuan melalui saluran yang wajar), Sengguh (Percaya penuh pada kemampuan diri pribadinya untuk mencapai tujuan, namun tetap harus santun dan tidak sombong), Ora Mingkuh (Meskipun dalam perjalanan menuju cita-cita akan menghadapi rintangan dan halangan tetap tidak akan mundur setapakpun, dan akan bertanggung jawab penuh atas apa yang dilakukan), dan semangat Golong gilig.

Sehingga dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan bisa membentuk karakter yang bijak, lebih dewasa dan tanggap terhadap aspirasi dan kehendak masyarakat serta bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

« Kembali | Kirim | Versi cetak