KULON PROGO TERIMA PENGHARGAAN TOP 35 INOV PELAY PUBLIK

Jum`at, 27 Mei 2016 14:17:50 - Oleh : zc
 

Kab. Kulon Progo kembali mendapat penghargaan TOP 35 Inovasi Pelayanan Publik atas Inovasinya "Mengganti Beras Miskin (Raskin) Menjadi Beras Daerah (Rasda)" di tengah acara Rakornas Kepagawaian di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/05).

Pemberian penghargaan yang diserahkan oleh Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi didampingi Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa diterima oleh Asda III Bid Administrasi Pemerintahan Drs. Djoko Kus Hermanto, MM sebagai yang mewakili dari Kab. Kulon Progo.

Mengganti Beras Miskin (Raskin) Menjadi Beras Daerah (Rasda) merupakan inovasi yang diluncurkan Bupati Kulon Progo pada bulan Maret 2013. Rasda memberikan multiflier effect berupa jaminan peningkatan kualitas beras yang diberikan kepada penduduk miskin, meningkatkan kuantitas produksi beras local, dan kepastian harga produksi padi sesuai dengan harga pokok. PNS diwajibkan memberikan beras local dari kelompok petani (gapoktan). Dilakukan penguatan kelembagaan dan kesiapan pelayanan Gapoktan. Mata rantai aktivitas meliputi pembelian gabah, penggilingan padi, pengiriman rasda oleh Gapoktan ke gudang Bulog, dan distribusi rasda kepada KK miskin dijalankan dengan baik. Sebelum inovasi, Raskin tidak berkualitas. Setelah inovasi, raskin diganti rasda produksi local dengan kualitas baik.

Dalam TOP 35 kali ini, Kab. Kulon Progo masuk dalam 14 Kabupaten Peraih TOP 35 Pelayanan Publik Tahun 2016.

Daftar 14 Kabupaten TOP 35

« Kembali | Kirim | Versi cetak