Jakon - Kegiatan Tim Pembina Jasa Kontruksi

ERANDA | MATERI | REGULASI | KEGIATAN TIM JASA KONSTRUKSI | KONTAK

 

KEGIATAN PEMBINA JASA KONTRUKSI

 

Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tukang Kayu dan Tukang Batu dengan Mobile Training Unit (MTU) di Kabupaten Kulon Progo
12-14 Juni 2014

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Balai Pengujian, Informasi Permukiman dan Bangunan, dan Pengembangan Jasa Konstruksi (BPIPBPJK) DIY mengadakan kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tukang Kayu dan Tukang Batu dengan Mobile Training Unit (MTU) di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I Yogyakarta pada tanggal 12 sampai dengan 14 Juni 2014. Kegiatan ini didanai dengan APBN dari Kementerian Pekerjaan Umum. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari bertempat di Desa Sidomulyo Kecamatan Pengasih. Peserta kegiatan adalah masyarakat umum (tukang) dari beberapa desa, yaitu Sidomulyo, Sentolo, dan Karangsari. Pembekalan dan Uji Sertifikasi ini diikuti sebanyak 60 orang, yaitu untuk tukang kayu sebanyak 30 orang dan tukang batu sebanyak 30 orang. Hari pertama dilaksanakan Pembekalan tentang Perlindungan tenaga kerja dari BPJS (PT. Jamsostek) DIY dan dilanjutkan pembekalan tentang ketrampilan teknis dengan narasumber dari LPJK DIY. Camat Pengasih dalam sambutannya mengharapkan peserta selalu meningkatkan kemampuan dan ketrampilannya agar dapat berkompetisi dalam kegiatan pekerjaan konstruksi di Kabupaten Kulon Progo, sehingga dapat menyumbangkan kemampuannya bagi kemajuan pembangunan di masyarakat dan Kulon Progo. Pelaksanaan Uji sertifikasi tukang kayu dan tukang batu dengan menggunakan Mobile Training Unit (MTU) berupa tes secara tertulis, praktek, dan wawancara. Ujian praktek untuk tukang kayu berupa pembuatan kusen pintu, jendela dan bovenlicht. Sedangkan Ujian praktek tukang batu berupa pembuatan pondasi/talud untuk bangunan dapur. Peserta sangat antusias dalam mengikuti pembekalan dan uji sertifikasi tersebut. Diharapkan dengan kegiatan ini, maka kebutuhan SDM di bidang konstruksi, terutama untuk pekerjaan jalan dapat tercukupi dan lebih jauh lagi akan meningkatkan kualitas/mutu pekerjaan kosntruksi yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Peserta yang lulus Uji Sertifikasi akan mendapatkan Sertifikat Ketrampilan (SKT).

 

Pembekalan dan Fasilitasi Uji Kompetensi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan
02-04 Juni 2014

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Balai Pelatihan Konstruksi Wilayah II Surabaya, Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi, Badan Pembinaan Konstruksi, Kementerian PU mengadakan kegiatan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Kompetensi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I Yogyakarta pada tanggal 2 sampai dengan 4 Juni 2014, dengan peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari Asosisasi Gapensi, Gapeknas, dan Gapeksindo. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel King dan Gedung Gapensi di Kompleks Pertokoan Gawok Wates. Hari pertama dilaksanakan Pembukaan oleh Asisten Perekonomian Pembangunan dan SDA, Bapak Triyono, SIP, MM. dan dihadiri SKPD anggota Tim Pembina Jasa Konstruksi Kabupaten Kulon Progo. Selanjutnya diberikan pembekalan dengan narasumber dari Kulon Progo. Hari kedua dan ketiga dilaksanakan uji kompetensi berupa tes secara tertulis, praktek, dan wawancara di Gedung Gapensi Kulon Progo. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jumlah dan kompetensi pelaksana lapangan pekerjaan jalan yang ada di Kulon Progo, diharapkan dengan kegiatan ini, maka kebutuhan SDM di bidang konstruksi, terutama untuk pekerjaan jalan dapat tercukupi dan lebih jauh lagi akan meningkatkan kualitas/mutu pekerjaan kosntruksi yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Sumber: Bagian Adm Pembangunan

 

Pelatihan dan Fasilitasi Uji Kompetensi Mandor Pekerjaan Perkerasan Aspal
10-18 April
Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Balai Pelatihan Konstruksi Wilayah II Surabaya, Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi, Badan Pembinaan Konstruksi, Kementerian PU mengadakan kegiatan Pelatihan dan Fasilitasi Uji Kompetensi Mandor Pekerjaan Perkerasan Aspal di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I Yogyakarta pada tanggal 10 sampai dengan 18 April 2014. Pelatihan dilaksanakan selama enam hari dari tanggal 10 sampai dengan 15 April 2014 dan dilanjutkan pembekalan serta ujian sertifikasi selama tiga hari dari tanggal 16 sampai dengan 18 April 2014. Peserta yang mengikuti pelatihan dan uji kompetensi sebanyak 30 orang yang berasal dari Asosisasi Gapensi, Gapeknas, dan Gapeksindo. Kegiatan ini dilaksanakan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Balai Laboratorium DPU (Workshop). Hari pertama dilaksanakan Pembukaan oleh Bupati Kulon Progo, Bapak dr. Hasto Wardoyo, Sp. Og (K) dan dihadiri SKPD anggota Tim Pembina Jasa Konstruksi Kabupaten Kulon Progo dan Perwakilan Asosiasi. Bupati mengharapkan peserta selalu meningkatkan kemampuan dan ketrampilannya agar dapat berkompetisi dalam kegiatan pekerjaan konstruksi di Kabupaten Kulon Progo. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pelatihan dengan narasumber dari Perguruan Tinggi, LPJK, dan Pemerintah. Peserta juga diajak studi/kunjungan lapangan untuk memperdalam materi yang telah diberikan. Kunjungan lapangan dilaksanakan pada lokasi pekerjaan jalan di Ruas jalan Ring Road Utara/Timur Maguwoharjo, Ruas Jalan Dudukan-Ngentakrejo, dan ruas jalan Karongan-Demangrejo. Peserta diminta menyusun laporan hasil kunjungan lapangan dan dipresentasikan dihadapan peserta lainnya. Uji kompetensi berupa tes secara tertulis, praktek, dan wawancara. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jumlah dan kompetensi pelaksana lapangan pekerjaan jalan yang ada di Kulon Progo, diharapkan dengan kegiatan ini, maka kebutuhan SDM di bidang konstruksi, terutama untuk pekerjaan jalan dapat tercukupi dan lebih jauh lagi akan meningkatkan kualitas/mutu pekerjaan kosntruksi yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Peserta yang lulus Uji Kompetensi akan mendapatkan Sertifikat Ketrampilan (SKT).

Sumber: Bagian Adm Pembangunan

 

Pembinaan Manajemen Pekerjaan Konstruksi (Manajemen Proyek)
21 dan 22 November 2013

Sesuai amanat UU Nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi dan PP Nomor 30 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Pembinaan Jasa Konstruksi, Tim Pembina Jasa Konstruksi Kabupaten Kulon Progo, melalui Bag. Adm. Pembangunan melaksanakan pembinaan Manajemen Proyek kepada Pengguna Jasa Konstruksi, yaitu PPK dan calon PPK/Tim teknis yang bertujuan untuk  peningkatan komitmen, kompetensi dan profesionalisme pelaku jasa konstruksi.

Pembinaan dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 November 2013 bertempat di Aula DPU Kabupaten Kulon Progo. Acara di buka oleh Ir. Sukoco, MM, selaku Sekretaris I Tim Pembina Jasa Konstruksi dan Narasumber berasal dari LPJKD DIY, yaitu Ir. Fitri Hadiprabowo. Materi hari pertama tentang manajemen kontrak dan pengendalian proyek konstruksi. Sedangkan pada hari kedua, peserta diajak belajar langsung di lapangan dengan mengunjungi Pembangunan RSUD tipe D dan Pasar Percontohan Sentolo di Kecamatan Sentolo, sehingga peserta dapat melihat dan memahami langsung pelaksanaan suatu proyek konstruksi.

Harapan kedepan, Pembinaan dan Pelatihan Manajemen Proyek Konstruksi ini dapat terus dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo, mengingat hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan kapasitas pelaku jasa konstruksi dalam mengelola suatu proyek dengan benar.

 

 

 

Pembinaan Jasa Konstruksi dan Penandatanganan Kontrak Pekerjaan Konstruksi Kabupaten Kulon Progo Tahun 2013
05 Juli 2013

     Berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi dan PP Nomor 30 Tahun 2000 tentang Penyelengaraan Pembinaan Jasa Konstruksi, maka untuk meningkatkan pemahaman proses pelaksanaan pekerjaan konstruksi berdasarkan peraturan yang berlaku, meningkatkan pemahaman dan kesadaran terhadap kewajiban pemenuhan tertib penyelenggaraan konstruksi, terutama perlindungan tenaga kerja dalam pekerjaan konstruksi, dan meningkatkan pemenuhan kualitas hasil pekerjaan konstruksi, Tim Pembina Jasa Konstruksi Kabupaten Kulon Progo melalui Bagian Administrasi Pembangunan telah melaksanakan Pembinaan kepada Penyedia Jasa Konstruksi sekaligus penandatangan kontrak kerja konstruksi antara PPK kegiatan di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kulon Progo dengan Penyedia Jasa pada tanggal 5 Juli 2013 bertempat di Gedung Binangun I Kompleks Pemda Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Ir. RM. Astungkoro, M.Hum selaku Ketua Tim Pembina, Plt. Asisten Perekonomian Pembangunan dan SDA Drs. Joko Kus Hermanto, MM, Kepala DPU, Ir. Sukoco, MM, Kabag Adm. Pembangunan Drs. Hendri Usdiarka, dan Perwakilan beberapa SKPD anggota Tim Pembina Jasa Konstruksi. Sedangkan dari penyedia jasa dihadiri oleh penyedia jasa dari berbagai asosiasi yang ada di Kabupaten Kulon Progo.
     Dalam arahan dan sambutannya, Sekretaris Daerah menyatakan bahwa para pelaku, baik itu pengguna maupun penyedia jasa konstruksi harus taat hukum, mematuhi kontrak, mematuhi aturan-aturan keteknisan, termasuk memperhatikan waktu pelaksanaan pekerjaan agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan semua pihak. Selain itu juga dilaksanakan pembinaan tentang jaminan sosial tenaga kerja konstruksi yang sangat penting dilaksanakan dalam pekerjaan konstruksi sebagai bentuk perlindungan kepada tenaga kerja. Pembinaan disampaikan oleh Kepala PT. Jamsostek cabang Yogyakarta Bapak Didin Sahidin.
     Kegiatan ini diharapkan menjadi komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2013 agar semakin memenuhi tepat mutu, tepat waktu, dan tepat harga. Selain itu juga pekerjaan konstruksi dapat dilaksanakan lebih awal  pada tahun anggaran supaya tidak menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan waktu pelaksanaan yang pendek karena dibatasi oleh akhir tahun anggaran.

  • Pandatanganan Kontrak Pekerjaan Konstruksi antara PPK pada Dinas Pekerjaan Umum Kab. Kulon Progo dengan Penyedia Jasa Konstruksi Tahun Anggaran 2013.
  • Pembinaan Jasa Konstruksi untuk Penyedia Jasa Konstruksi di Kabupaten Kulon Progo yang dilaksanakan bersamaan dengan Penandatangan Kontrak Kerja Konstruksi pada tanggal 5 Juli 2013.
  • Bapak Sekretaris Daerah Kab. Kulon Progo dan Bapak Kepala PT. Jamsostek Cabang Yogyakarta sebagai Narasumber dalam Pembinaan Jasa Konstruksi kepada Penyedia Jasa Konstruksi tanggal 5 Juli 2013.