Profil Bag. Umum




   
PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO

SEKRETARIAT DAERAH

BAGIAN UMUM

 

Alamat:

Jalan Perwakilan Nomor 1 Wates
Kulon Progo DIY 55611
Telepon: (0274) 773010
Faksimile: (0274) 775213
Pos-el: admin@kulonprogokab.go.id
Laman: setda.kulonprogokab.go.id
 

Bagian Umum mempunyai fungsi pelaksanaan ketatausahaan, kepegawaian, penatausahaan keuangan dan perencanaan.

Untuk menyelenggarakan fungsi, Bagian Umum mempunyai tugas :

  1. menyelenggarakan kegiatan bidang ketatausahaan dan kepegawaian Sekretariat Daerah;
  2. menyelenggarakan kegiatan bidang ketatausahaan keuangan Sekretariat Daerah;
  3. menyelenggarakan kegiatan bidang perencanaan Sekretariat Daerah; dan
  4. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Daerah berkaitan dengan bidang tugasnya.
 
   
   

 SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

   

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi pelaksanaan urusan tata usaha, kepegawaian, kearsipan dan kepustakaan Sekretariat Daerah.

Uraian tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian adalah sebagai berikut :

  1. mempelajari peraturan perundang-undangan, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan lainnya yang berkaitan dengan urusan tata usaha, kepegawaian, kearsipan dan kepustakaan;
  2. menyusun, melaksanakan dan mengendalikan program kerja Sub Bagian
  3. menyusun program kerja Bagian;
  4. menyiapkan bahan pengendalian program kerja Bagian;
  5. menyiapkan konsep kebijakan ketatausahaan dan kepegawaian;
  6. menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan kebijakan ketatausahaan dan kepegawaian;
  7. menyiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan ketatausahaan dan kepegawaian;
  8. menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja dan laporan pelaksanaan kegiatan Bagian;
  9. menerima, mengarahkan, mencatat, mengendalikan dan mendistribusikan naskah dinas;
  10. menyelia surat/naskah yang akan ditandatangani Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Asisten Sekretariat Daerah;
  11. melaksanakan penatausahaan kepegawaian dan persuratan Staf Ahli;
  12. melaksanakan administrasi umum Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Asisten Sekretaris Daerah;
  13. menyimpan dan memelihara catatan arsip, buku/dokumentasi Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Asisten Sekretaris Daerah;
  14. menyiapkan bahan kepustakaan Sekretaris Daerah;
  15. menyiapkan bahan pembinaan kearsipan di lingkungan Sekretariat Daerah;
  16. melaksanakan pengadaan alat tulis kantor dan barang cetakan Bagian;
  17. melaksanakan administrasi barang Bagian;
  18. melaksanakan kegiatan kearsipan, surat menyurat, pengetikan, dokumentasi dan informasi Bagian;
  19. menyiapkan bahan usulan kepegawaian di lingkungan Sekretariat Daerah yang meliputi pengangkatan dalam jabatan, usulan pemindahan, usulan pemberhentian dalam jabatan, usulan pemberhentian dan usulan pensiun/bebas tugas; pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan kenaikan pangkat; dan Kartu Pegawai (Karpeg), Kartu Istri (Karis)/Kartu Suami (Karsu), dan Taspen;
  20. melaksanakan administrasi kesejahteraan PNS di lingkungan Sekretariat Daerah;
  21. melaksanakan pengelolaan presensi PNS di lingkungan Sekretariat Daerah;
  22. melaksanakan tata usaha kepegawaian yang meliputi Kartu Induk Pegawai, Buku Induk Pegawai, Buku Penjagaan dan file kepegawaian di lingkungan Sekretariat Daerah;
  23. menyiapkan bahan kenaikan gaji berkala, penyesuaian gaji dan cuti PNS di lingkungan Sekretariat Daerah;
  24. mengelola database kepegawaian, menyusun Daftar Urutan Kepangkatan (DUK), menyelesaikan dan memelihara Penilaian Prestasi Kerja (PPK) PNS di lingkungan Sekretariat Daerah;
  25. memproses dan mengusulkan hukuman disiplin dan izin perceraian PNS di lingkungan Sekretariat Daerah;
  26. menyiapkan bahan dan usulan penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Tertentu PNS di lingkungan Sekretariat Daerah;
  27. memfasilitasi penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah;
  28. melaksanakan perencanaan dan pengadaan tanah untuk kepentingan umum dengan luasan kurang dari 5 (lima) hektare;
  29. melaksanakan pengadaan pakaian dinas batik;
  30. menyiapkan bahan laporan pelaksanaan kegiatan bulanan, triwulan, semesteran dan tahunan lingkup Bagian; dan
  31. menyusun laporan pelaksanaan tugas Sub Bagian.
     
   

 SUB BAGIAN KEUANGAN

   

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan dan menyelenggarakan penatausahaan keuangan Sekretariat Daerah.

Uraian tugas Sub Bagian Keuangan adalah sebagai berikut :

  1. mempelajari peraturan perundang-undangan, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan lainnya yang berkaitan dengan penatausahaan keuangan Sekretariat Daerah;
  2. menyusun program kerja dan kegiatan Sub Bagian;
  3. menyiapkan bahan penyusunan kebijakan penatausahaan keuangan Sekretariat;
  4. menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan kebijakan penatausahaan keuangan Sekretariat;
  5. menyiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan penatausahaan keuangan Sekretariat;
  6. meneliti kelengkapan Surat Perintah Pembayaran Langsung (SPP-LS), Surat Perintah Pembayaran Uang Persediaan (SPP-UP), Surat Perintah Pembayaran Ganti Uang (SPP-GU) dan Surat Perintah Pembayaran Tambahan Ganti Uang (SPP-TGU) dan SPP-LS gaji dan tunjangan PNS serta penghasilan lainnya;
  7. menyiapkan bahan verifikasi atas penggunaan dana yang dipertanggungjawabkan oleh bendahara pengeluaran;
  8. menyiapkan Surat Perintah Membayar (SPM);
  9. menyiapkan bahan verifikasi atas penerimaan;
  10. melaksanakan akuntansi dan laporan keuangan;
  11. melakukan pembayaran gaji dan upah pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah;
  12. menerima Surat Pertanggungjawaban pembayaran gaji pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah;
  13. melaksanakan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Sekretariat Daerah;
  14. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Sekretariat Daerah;
  15. melaksanakan penatausahaan keuangan Bupati dan Wakil Bupati;
  16. menyiapkan bahan pembinaan administrasi keuangan Sekretariat Daerah;
  17. melaksanakan penatausahaan keuangan Staf Ahli;
  18. melaksanakan penatausahaan keuangan Bagian;
  19. melaksanakan pengelolaan kearsipan Surat Pertanggungjawaban Sekretariat Daerah; dan
  20. menyusun laporan pelaksanaan tugas Sub Bagian.
     
   

 SUB BAGIAN PERENCANAAN

   

Sub Bagian Perencanaan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pengendalian rencana serta program kerja, koordinasi, dan pelaporan.

 

Uraian Tugas Sub Bagian Perencanaan adalah sebagai berikut :

 

  1. mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk pelaksanaan serta bahan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan;
  2. menyusun program kerja dan kegiatan Sub Bagian;
  3. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Sekretariat Daerah;
  4. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekretariat Daerah;
  5. menyiapkan bahan penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) Sekretariat Daerah;
  6. menyiapkan bahan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Sekretariat Daerah;
  7. menyiapkan bahan sistem pengendalian internal Sekretariat Daerah;
  8. menyiapkan bahan pengendalian program kerja Sekretariat Daerah;
  9. menyiapkan bahan penyusunan evaluasi program kerja Sekretariat Daerah;
  10. menyusun laporan pelaksanan tugas Sub Bagian;
  11. menyiapkan bahan penyusunan laporan pelaksanaan tugas Bagian; dan
  12. menyiapkan bahan penyusunan laporan pelaksanaan tugas Sekretariat Daerah.