PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO
UNIT LAYANAN PENGADAAN
Jl. Perwakilan No.1 Wates Kulon Progo. Telp.(0274)773738, (0274)773010 Fax.(0274)773148

Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Kulon Progo



ULP (Unit Layanan Pengadaan) Kabupaten Kulon Progo adalah lembaga/organisasi non struktural pada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yang bertugas melaksanakan pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. ULP juga mempunyai fungsi pengoordinasian kegiatan operasional pengadaan barang/jasa di Pemerintah Daerah. ULP Kabupaten Kulon Progo diresmikan oleh Bupati Kulon Progo Bapak dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) pada tanggal 30 September 2011.


LANDASAN YURIDIS

Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah; Pasal 14: Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota diwajibkan mempunyai Unit Layanan Pengadan (ULP) yang dapat memberikan pelayanan/pembinaan dibidang Pengadaan Barang/Jasa.
Peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah No. 5 Tahun 2012 tentang Unit Layanan Pengadaan

DASAR PEMBENTUKAN ULP KABUPATEN KULON PROGO
Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 49 Tahun 2011 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Layanan Pengadaan. [ download ]
Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 50 Tahun 2011 tentang Hubungan, Prosedur dan Mekanisme Kerja Unit Layanan Pengadaan. [ download ]

PERUBAHAN :
Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Layanan Pengadaan. [ download ]
Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hubungan, Prosedur dan Mekanisme Unit Layanan Pengadaan. [ download ]

TUJUAN PEMBENTUKAN ULP
- Menjamin pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa lebih terintegrasi atau terpadu sesuai dengan Tata Nilai Pengadaan.
- Meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kementrian/ Lembaga/ Daerah/Institusi.

KEDUDUKAN ULP
ULP Kabupaten Kulon Progo adalah lembaga non struktural yang dipimpin oleh seorang Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Daerah melalui Kepala Bagian. Penanggungjawab ULP di Kabupaten Kulon Progo ada di Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo.

RUANG LINGKUP TUGAS ULP
ULP bertugas melaksanakan pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yang dibiayai dari APBD/APBN, yaitu:
- Pengadaan barang/jasa dengan nilai diatas Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) untuk pengadaan barang/pekerjaan konstruksi/jasa lainnya.
- Pengadaan barang/jasa dengan nilai diatas Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) untuk pengadaan jasa konsultansi

PAKTA INTEGRITAS
Para pihak wajib menandatangani Pakta Integritas yang berisi surat pernyataan untuk mencegah dan tidak melakukan kolusi, korupsi, dan nepotisme dalam pengadaan barang/jasa.