Tatacara Pengajuan Keberatan Permohonan Informasi Publik

Pengajuan Keberatan Atas Permohonan Informasi

Hak Atas Keberatan Permohonan Informasi

Setiap Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi berdasarkan alasan berikut:

1. penolakan atas permintaan informasi berdasarkan alasan pengecualian sebagaimana dimaksud dalam pasal 17;

2. tidak disediakannya informasi berkala sebagaimana dimaksud dalam pasal 9;

3. tidak ditanggapinya permintaan informasi;

4. permintaan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;

5. tidak dipenuhinya permintaan informasi;

6. pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau

7. penyampaian informasi yang melebihi waktu yang diatur dalam Undang-undang ini.

 

Tatacara Pengajuan Keberatan Permohonan Informasi

1. Keberatan diajukan oleh Pemohon Informasi Publik ke PPID Pembantu Sekretariat Daerah dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah diketemukan alasan

2. Atasan PPID Pembantu Sekretariat Daerah memberikan tanggapan atas keberatan yang diajukan Pemohon Informasi Publik dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kera sejak diterimanya keberatan secara tertulis. Alasan tertulis disertakan bersama tanggapan apabila atasan pejabat penguatkan putusan yang ditetapkan oleh bawahannya.

3. Jika pengaju keberatan puas atas putusan atasan PPID Pembantu, maka sengketa keberatan selesai.

4. Jika pengaju keberatan informasi publik tidak puas atas tanggapan Atasan PPID Pembantu, maka penyelesaian sengketa informasi publik dapat diajukan kepada Komisi informasi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Keberatan permohonan informasi dapat dikirim melalui email setda@kulonprogokab.go.id , datang langsung ke Kantor Sekretariat Daerah Jalan Perwakilan Nomor 1 Wates Kulon Progo, atau dapat menghubungi nomor telepon (0274) 773010 

Formulir dapat di unduh disini: download