Rapat Koordinasi Lingkup Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat bulan Juli 2021

Rapat Koordinasi Lingkup Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat bulan Juli 2021 dilaksanakan di Aula Adikarto Gedung Kaca Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, yang mana kapasitas daya tampung ruangan sangat luas karena mengingat masa PPKM Darurat. Rapat Koordinasi diawali dengan arahan dari Staf Ahli Bupati Bidang Hukum,  Politik dan Pemerintahan yang menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat koordinasi hari ini berbeda dengan biasanya, karena kondisi saat ini sedang genting. Maka Pembahasan rapat koordinasi untuk hari ini membahas :

  • Dalam rangka penanggulangan covid 19,
  • Pelaksanaan hari raya idul Adha/penyembelehan hewan qurban,
  • Pilihan lurah, situasi politik menjelang pilur,
  • Menjaga stabilitas kondisi sosial masyarakat berkaitan ekono

Sedangkan informasi lainnya disampaikan oleh Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Covid merupakan problem kesehatan yang juga berdampak pada problem sosial ekonomi. Ketika problem sosial ekonomi tidak tertangani akan menjadi problem keamanan, problem keamanan akan berlanjut menjadi problem politik. PPKM Darurat menjadi taruhan, menjadi sesuatu yangg sangat serius: kebijakan pemerintah sudah melalui beberapa tahapan: PPKM , PPKM Mikro ,dan sekarang PPKM Darurat. Tugas kita diproblem sosial dan ekonomi: paa saat normal dulu lokomotifnya/nomor satunya adalah ekonomi. Sekarang lokomotifnya kesehatan, kesehatan bagus otomatis ekonomi, keagamaan, pendidikan berjalan dengan baik. Dari RSUD Wates disampaikan informasi bahwa pembatasan untuk yang mencari surat keterangan sehat/persyaratan mendaftar cpns dibatasi 150 orang per hari, untuk mengurangi kerumunan  RSUD Wates tidak akan ditutup sementara , karena RSUD Wates merupakan rujukan terakhir di Kulon Progo.

Dinas Pertanian dan Pangan menyampaikan bahwa untuk pendataan dan pemantauan pelaksanaan pemotongan hewan Qurban di tingkat Kalurahan melalui Kamituwo. Point-point yang diatur dalam Pelaksanaan pemotongan hewan Qurban:

  • Menjaga Jarak ( Physical Distancing).
  • Penerapan Hygiene Personal
  • Penerapan Hygiene dan Sanitasi
  • Perlakuan dan Pemeriksaan Kesehatan Hewan/Daging