SETDA SUSUN RENAKSI BUDAYA PEMERINTAHAN SATRIYA

Wates, Jum’at Kliwon 27 Agustus 2021 Bagian Umum selaku Sekretaris Kelompok Budaya Pemerintahan SATRIYA di Sekretariat Daerah melaksanakan rapat koordinasi evaluasi dan penyusunan rencana aksi tahun berajalan yang dihadiri oleh sembilan perwakilan bagian. Kegiatan ini juga difasilitasi oleh Bagian Organisasi sebagai pemangku Tim Pemantau dan Evaluasi implementasi budaya pemerintahan SATRIYA.

Rapat dipandu oleh Sri Widada, S.IP,. MM Kepala Bagian Umum, menyampaikan bahwa budaya pemerintahan SATRIYA perlu diinternalsasikan merasuk di hati sanubari  jiwa dan pikiran kita sebagai karakter ASN dalam pelayanan publik sesuai tusi masing-masing. Bicara budaya SATRIYA berarti kita sedang membentuk mind set dan culture set kearifan lokal budaya Yogyaka dimana dalam perspektif kebijakan regulasi telah diterbitkan Permen PAN & RB Nomor 39 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja, Peraturan Gubernur DIY Nomor 72 Tahun 2008 tentang Budaya Pemerintahan di DIY, Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 32 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Budaya Pemerintahan SATRIYA di Kulon Progo. Pembentukan Kelompok Budaya Pemerintahan di Sekretariat Daerah juga telah di bentuk dengan keputusan Sekretaris Daerah Nomor 188 /1320 tanggal 1 April 2020, selanjutnya bagaimana kita bisa implemtasikan  secara kontinew.

Danang Adrianto, SE Kepala Bagian Organisasi menyambut baik dengan dilaksanakan rapat renaksi SATRIYA di Setda selanjutnya segera  direalisasikan hasil keputusan rapat sehingga dapat menjadikan motivasi dan menginspirasi OPD yang lainnya. Kata kuncinya adalah keteladanan pimpinan masing masing OPD sebagai role mode yang akan di ikuti oleh bawahannya. Dari hal-hal kecil terlebih dahulu misalnya rapat tepat waktu, beribadah sesuai waktu yang telah ditentukan dan kebijakan yang mendukung implementasi budaya pemerintahan SATRIYA dari sisi kebijakan anggaran dan lainnya. Bagian Organisasi juga sedang merencanakan beberapa usulan ke Pemda DIY terkait dana keistimewaan guna mendukung terselenggaranya internalisasi dan implimentasi Budaya Pemerintahan SATRIYA dan jika disetjui akan dilaksanakan penilaian 10 OPD terbaik.

Masukan dari Sembilan perwakilan bagian dapat disimpulkan 1) dilaksanakan senam relaksasi di tempatkerja masing-masing. 2) pemakaian atribut pakaian ASN dan lencana SATRIYA. 3) himbauan melalui stiker banner tentang budaya pemerintahan SATRIYA. 4) tayangan pada slide sebelum rapat dimulai tentang SOP rapat dan tertib lainnya. 5) petunjuk arah / lay out gedung, dan 6) tematik lingkungan hijau. Sebelum dilaksanakan akan dikonsultasikan terlebih dahulu ke pimpinan mohon arahan dan koreksi.