Operasi Pasar BKCHT gabungan Bag Adm Perekonomian dengan Satpol PP KP dan Bea Cukai Jateng-DIY

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, Bag Administrasi Perekonomian Setda Kulon Progo bersama dengan Satpol PP Kulon Progo dan Bea Cukai Jateng-DIY tetap menjalankan pengawasan dengan memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan. Operasi pasar bersama Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Yogyakarta dan pemberantasan Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKCHT) ilegal yang berlangsung pada 20 September 2021 berhasil mengamankan ratusan rokok ilegal.

Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pratama, Depdika Sevanu Rismawan mengungkapkan operasi pasar bersama tersebut dilakukan untuk menekan peredaran (BKCHT) ilegal di Kabupaten Kulon Progo. 

“Pada operasi pasar bersama ini ditemukan satu jenis rokok ilegal dengan jumlah sebanyak 170 batang,” ungkapnya. 

Rokok yang ditemukan dalam operasi pasar bersama tersebut termasuk ke dalam rokok jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan dijual di Pasar Hewan Pengasih.

Total potensi kerugian negara pada operasi pasar bersama tersebut kurang lebih Rp425/batang atau total Rp72.250. Selanjutnya barang bukti dibawa ke Kantor Bea Cukai Jateng-DIY untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Depdika menambahkan bahwa jajarannya akan terus berkomitmen untuk menekan peredaran rokok ilegal khususnya di wilayah DIY. (Rekyan)