PENANDATANGANAN KESEPAKATAN BERSAMA ANTARA PEMKAB KULON PROGO DAN KPU DIY

Wates, Bupati Kulon Progo dan Ketua KPU DIY menandatangani Kesepakatan Bersama tentang Kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Melalui Program Desa Peduli Pemilihan Umum dan Pemilihan di Kabupaten Kulon Progo pada hari Senin (20/09/2021) di Ruang Rapat Menoreh Kompleks Pemkab Kulon Progo.

Sebelumnya Bupati menerima audiensi dari KPU DIY beserta jajarannya didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Bakesbangpol, Kepala Bagian Hukum, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Panewu Kokap.

Dalam audiensi tersebut Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan menjelaskan bahwa KPU DIY bermaksud menyelenggarakan program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan dengan lokus kegiatan berada di Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran politik masyarakat agar menjadi pemilih yang berdaulat, mengedukasi masyarakat terkait dengan kepemiluan, meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih dan membentuk kader yang mampu menjadi penggerak dan penggugah kesadaran politik masyarakat.

Program DP3 KPU DIY ini akan mengambil bentuk kegiatan berupa Training of Fasilitator (TOF) terhadap sejumlah individu yang telah direkrut melalui mekanisme yang telah ditentukan. TOF tersebut dilakukan dengan metode pendidikan orang dewasa yang dipandu oleh fasilitator dari KPU Kabupaten Kulon Progo dan Anggota KPU DIY serta akademisi dan tokoh masyarakat sebagai narasumber pemantik diskusi. Selain itu juga akan menggunakan modul pembelajaran yang sudah disiapakn oleh KPU RI dengan beberapa inovasi materi di tingkat lapangan.

Bupati Kulon Progo, Drs.H. Sutedjo sangat mendukung program tersebut dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat khususnya di Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap terkait berbagai hal tentang kepemiluan untuk meningkatkan kehidupan demokrasi di Indonesia.