SIJAKA, Inovasi Menuju Kapanewon Kulon Progo yang Kompetitif

Wates, Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Kulon Progo bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika merilis Sistem Informasi Evaluasi Kinerja Kapanewon (siJaka) pada bulan September 2021.

Penggunaan Sistem Informasi siJaka ini merupakan inovasi pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan Evaluasi Kinerja Kapanewon sebagai implementasi dari PP Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan.

Bagian Administrasi Pemerintahan beserta Tim Evaluasi Kinerja Kapanewon yang terdiri dari Bappeda, Dinas Kominfo, DPMPT, Satpol PP dan Bagian Organisasi menilai kinerja kapanewon se-Kabupaten Kulon Progo melalui Sistem Informasi siJaka. Adapun indikator yang dinilai adalah pelimpahan sebagian  kewenangan Bupati kepada Panewu, penyelenggaraan urusan pemerintahan umum, penyelenggaraan pelayanan terpadu, prestasi dan inovasi, penyelenggaraan dan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi serta penyelenggaraan Survey Kepuasan Masyarakat.

Metode penggunaan siJaka cukup sederhana. Kapanewon cukup mengisi indikator yang telah ditentukan untuk kemudian dilakukan verifikasi dan penyesuaian data di lapangan oleh Tim Evaluasi Kinerja Kapanewon. Hasil dari penilaian tersebut berupa uang pembinaan dengan sumber dari APBD Perubahan Tahun 2021 pada Bagian Administrasi Pemerintahan.

Dengan adanya inovasi dan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kinerja Kapanewon sebagai instansi pelayanan yang terdekat dengan masyakat.