Pemerintah Fasilitasi Berbagai Kemudahan untuk Ciptakan Ekosistem & Daya Saing UMKM yang Lebih Baik

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Untuk itu, di masa pandemi Pemerintah melakukan berbagai upaya pengembangan produktivitas dan daya saing UMKM melalui pemberian berbagai kemudahan untuk pengembangan usahanya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian diwakili Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyampaikan bahwa Undang-Undang Cipta Kerja mengamanatkan tentang kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan UMKM melalui pengelolaan terpadu UMKM, partisipasi UMKM dalam infrastruktur publik, kemudahan perizinan berusaha, layanan bantuan dan pendampingan hukum, kemudahan fasilitasi pembiayaan dan insentif fiskal, dan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan sistem/aplikasi pembukuan. Dengan harapan bahwa semua kemudahan tersebut dapat mendorong tumbuhnya UMKM di Indonesia yang akan berdampak pada penciptaan lapangan kerja.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bekerja sama dengan National Support for Local Investment Climates NSLIC/NSELRED menyelenggarakan webinar bertajuk “Strategi Peningkatan Daya Saing Ekonomi Daerah: Melalui Pengembangan UMKM” secara virtual pada Jumat (29/10). Webinar tersebut bertujuan untuk memperluas wawasan terkait pelaksanaan kebijakan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi, serta strategi di dalam menghadapi berbagai tantangan, peluang dalam menciptakan ekosistem dan daya saing UMKM yang lebih baik

“Pada webinar ini, seluruh peserta akan dapat memperkaya wawasan dengan mendapatkan pembelajaran dari praktik terbaik internasional (international best practices) tentang peningkatan daya saing ekonomi yang diambil dari kebijakan yang telah dilaksanakan selama ini oleh beberapa negara anggota Organization for Economic Cooperation and Development (OECD),” kata Sesmenko Susiwijono dalam sambutannya.

Peserta dalam webinar tersebut yakni perwakilan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, serta Pemerintah Kabupaten dan Kota.

“Semua penjelasan dan informasi akan disampaikan oleh para narasumber yang kompeten yang merupakan perwakilan dari Pemerintah Indonesia dan Pemerintah negara anggota OECD. Kami mengharapkan seluruh upaya dalam mengembangkan UMKM menjadi perhatian kita bersama,” ujar Sesmenko Susiwijono.

Menjadi narasumber pada webinar tersebut adalah Wakil Menteri UKM & Startups Korea Selatan H.E. Kang Sung-cheon, Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas Pungky Sumadi, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Aribowo, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung Timur Bayu Priyambodo, Analis Kebijakan OECD Marco Marchese, Pakar UKM Kanada Greg Elms, dan Founder Archipelago (platform digital Canada untuk produk-produk UMKM Indonesia) Liza Wajong.

“Atas nama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian izinkan saya untuk menyampaikan terima kasih kepada National Support for Local Investment Climates NSLIC/NSELRED dan Kedutaan Besar Kanada di Jakarta atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan webinar ini,” pungkas Sesmenko Susiwijono. (ltg/fsr)
Sumber: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3411/pemerintah-fasilitasi-berbagai-kemudahan-untuk-ciptakan-ekosistem-dan-daya-saing-umkm-yang-lebih-baik