Kunjungan Kerja Kabupaten Blora ke Pemerintah Kabupaten Kulon Progo

Untuk Optimalisasi BUMD, Pemerintah Kabupaten Blora tak berhenti hanya mengunjungi Magelang. Kali ini Kulon Progo juga turut dikunjungi pada Kamis (9/6/22). Usai dari Kabupaten Magelang, Pemkab Blora kembali melakukan kunjungan untuk menyerap ilmu pengelolaan optimalisasi BUMD di Kabupaten Kulon Progo. Kali ini Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM bertugas memimpin rombongan dari Kabupaten Blora.

Dipimpin Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM, Pemkab Blora dibawa untuk mempelajari Peraturan Bupati yang mengatur BUMD serta tata kelola BUMD di kabupaten bermoto “binangun” ini. Wakil Bupati Blora didampingi Sekda, Asda II, Staf Ahli Bupati, beberapa Kepala OPD, dan pimpinan BUMD di Blora. Rombongan dari Blora diterima langsung PJ Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana, M.Si, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, dan pimpinan BUMD Kulon Progo.

Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM mengungkapkan keinginan Kabupaten Blora untuk mempelajari ilmu yang dimiliki Kabupaten Kulon Progo. “Kami dari jajaran Pemkab Blora ingin mendapatkan beberapa ilmu terkait BUMD dengan Pemkab Kulon Progo. Harapannya dari BUMD Blora bisa meniru dan menerapkannya.” ungkapnya.

Sementara itu, PJ Bupati Kulon Progo, Drs. Tri Saktiyana, menyambut dengan senang hati pernyataan Wakil Bupati Blora tersebut. Beliau langsung membeberkan secara singkat beberapa ilmu yang dimiliki. Menurutnya, hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan BUMD adalah regulasi-regulasi yang mengaturnya. Termasuk didalamnya proses bisnis, penyertaan modal, maupun pola pembinaan BUMD.

Disampaikannya, Kabupaten Kulon Progo memiliki beberapa BUMD yang kini semakin berkembang seperti Perumda Air Minum Tirta Binangun yang kini juga bergerak dalam bidang air minum dalam kemasan. Juga Perumda Bank Kulon Progo, Perumda Aneka Usaha Kulon Progo, serta PT Selo Adikarto.