Rapat kerja kelembagaan asli Pemerintah Kabupaten Kulon Progo

Rapat kerja kelembagaan asli Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan tema mengambil tema Penilaian Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Sistem Kerja Pasca Penyederhanaan Birokrasi. Rapat kerja kali ini menghadirkan narasumber dari Kemenpan RB yaitu Bapak Agus Yudi Wicaksono, S.STP., M.PP. Plt. Asisten Deputi Manajemen Talenta dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Aparatur Deputi SDM Aparatur Kemenpan RB dan Bapak Hijrah Apriyansyah, S.Kom Analis Kebijakan pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB secara daring.
Adapun tujuan dari pertemuan ini adalah meningkatkan pemahaman dan persamaan persepsi terkait implementasi Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Permenpan RB Nomor 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi.
Sebagaimana kita ketahui bahwa telah ditetapkannya Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara menggantikan Permenpan RB Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil menyebabkan terdapat beberapa perubahan, diantaranya mengenai esensi perubahan budaya kerja yang selama ini cenderung top down menjadi lebih agile yang bersifat lintas fungsi, didukung dengan adanya tugas Atasan untuk melakukan pemantauan kinerja dalam bentuk pengamatan dan pemberian umpan balik berkelanjutan agar pelaksanaan tugas sesuai ekspektasi. Selain itu juga terdapat perubahan Sasaran Kerja Pegawai yang menjadi Sasaran Kinerja Pegawai. Tentunya, hal ini merupakan bagian yang perlu mendapatkan kejelasan yang lebih detil dan holistik dari substansi dalam Permenpan yang secara fisik setebal 240 halaman ini.
Sejalan dengan perubahan penilaian kinerja pegawai ASN, dalam rangka tindak lanjut penyederhanaan birokrasi guna menyesuaikan sistem kerja yang mewujudkan Birokrasi yang dinamis, lincah dan profesional telah diterbitkan dan Permenpan RB Nomor 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja pada Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi. 
Tentunya banyak hal yang perlu dikupas, bagaimana implementasi sistem kerja dengan menerapkan tim kerja atau kelompok kerja ke depan, bagaimana mengopti
malkan tata kelola pemerintahan secara digital guna mewujudkan proses kerja yang efektif dan efisien dan mengoptimalkan sumber daya.