Jelang Lebaran, Baznas Salurkan ZIS untuk Para Tukang Becak

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kulon Progo menggelar pentasarufan zakat, infak, dan shodaqoh (ZIS) pada Rabu (3/4/2024) di Halaman Rumah Dinas Bupati Kulon Progo. Kali ini masyarakat yang disasar adalah para warga yang berprofesi sebagai tukang becak kayuh yang kesehariannya banyak ditemui mangkal di kawasan Wates dan sekitarnya. Pada kesempatan tersebut hadir 108 orang penerima manfaat. 

Ketua Baznas Kulonprogo H Alfanuha Yushida MPMat, dalam laporannya menyampaikan Baznas Kabupaten Kulonprogo selama Bulan Ramadan 2024 telah menyalurkan dana sejumlah lebih dari 2,9 miliar. Adapun jumlah penerima manfaat (mustahik) mencapai 3.879, yang terdiri dari para pasukan kuning, tenaga honorer, petugas PMI, para kaum rois guru ngaji/TPA, GTT/PTT. Selain itu diberikan pula santunan kepada warga rutan dan bantuan masjid. 

"Penyaluran tersebut mengalami peningkatan dibandingkan Ramadan 2023 yakni bantuan sebesar Rp 1,85 Miliar untuk lebih 5.000 mustahik," imbuh Alfanuha. Guna memberikan pelayanan secara prima menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H, pihaknya mengungkapkan akan membuka pelayanan penyaluran infak shodaqoh, serta zakat fitrah pada tanggal 8 dan 9 April mendatang. 

Penjabat Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti,S.T., M.T, menyambut baik sinergitas yang dibangun antara Baznas dan Pemerintah Daerah. Komitmen dalam membangun kepedulian kepada sesama telah menyeluruh digaungkan baik di tingkat lembaga, instansi, organisasi, hingga perorangan. "Saya akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang berisi tentang kepedulian terhadap sesama, mari terus kita tingkatkan kepedulian kepada sesama," ungkap Made. (AM)