TPAKD Kulon Progo Selenggarakan Rapat Pleno Program Kerja 2024

   Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Kulon Progo menggelar rapat pleno penyusunan program kerja (proker) TPAKD di Ruang Rapat Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo, Kamis 28/03/2024.

   Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Ir. Adnan Widodo, M.T. dan dihadiri oleh Permodalan Nasional Madani DIY, OJK DIY, Bank Kulon Progo, Bank BPD DIY KC Kulon Progo, BPR Nusamba Temon, Dinas Pariwisata, PT Pegadaian KC Jogoyudan, Bank BRI KC Wates, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, UPT Pasar Wilayah I, UPT Pasar Wilayah II, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Sosial PPPA, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bagian Perekonomian dan SDA.

   Ir. Adnan Widodo, M.T. menyampaikan program TPAKD Kabupaten Kulon Progo mengambil tema Simpanan Pelajar Menabung Sejak Dini bersama Simpel dan UMKM Kulon Progo Naik Kelas. Dalam tema UMKM Naik Kelas, Pemkab Kulon Progo memiliki beberapa program antara lain peningkatan akses permodalan UMKM melalui KUR, peningkatan akses permodalan UMKM melalui K/PMR PEDE, peningkatan akses permodalan UMKM melalui K/PMR Merapi, peningkatan digitalisasi UMKM melalui QRIS dan Mobile Banking, sosialisasi produk digital perbankan untuk UMKM dan sosialisasi edukasi dan literasi keuangan kepada pelaku usaha.

   Sedangkan program tematik TPAKD Kab. Kulon Progo Tahun 2024 yaitu akselerasi pemanfaatan produk/layanan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) antara lain berupa perlindungan asuransi usaha tani padi terhadap risiko gagal panen, tabungan emas untuk pegawai perangkat daerah dan masyakarat Kulon Progo dan program Layanan Senyum (Sentra Layanan Ultra Mikro).

   Dalam arahannya, Ibu Dinavia Tri Riandari selaku Kepala Bagian Pengawasan IKNB dan Pasar Modal Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK DIY menyampaikan TPAKD diberikan tugas sebagai pelaksanaan SNKI di daerah dalam rangka mendukung pencapaian target tingkat inklusi keuangan. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden agar inklusi keuangan nasional dapat meningkat menjadi di atas 90% dalam waktu 3 tahun ke depan. Program tematik TPAKD Tahun 2024 adalah akselerasi pemanfaatan produk/layanan IKNB. Sedangkan tema business matching TPAKD Tahun 2024 adalah pengembangan sektor ekonomi prioritas. Fokus pada produk IKNB namun bukan berarti program sebelumnya (Syariah) untuk dilupakan namun tetap untuk diteruskan. Program inklusi keuangan bagi penyandang disabilitas yaitu Satu Rekening Satu Disabilitas, Business Matching UMKM Penyandang Disabilitas, Penyempurnaan PTO Penyandang Disabilitas. Sedangkan program inklusi keuangan bagi perempuan berupa optimalisasi produk dan layanan keuangan bagi perempuan dan inklusi keuangan berbasis komunitas.

   Untuk mendukung pelaksanaan TPAKD dibutuhkan sinergi antar lembaga. Adapun strategi percepatan dan pemerataan literasi dan inklusi keuangan antara lain : pertama, penguatan ketentuan pendukung dari OJK dan lembaga terkait untuk mendorong enforcement pelaksanaan kegiatan literasi dan inklusi keuangan yang lebih efektif. Kedua, penguatan sinergi dan kolaborasi dengan Pemda, Bank Indonesia, PUJK dan stakeholders terkait serta pembentukan Duta Literasi Keuangan di setiap wilayah KR/KOJK. Ketiga, peningkatan pemanfaatan user dan akses terhadap infrastruktur komunikasi digital yang sudah dikembangkan oleh OJK. Keempat, replikasi generic model literasi keuangan (Desaku Cakap Keuangan, Sobat Sikapi) dan generik model inklusi keuangan (EKI, KPMR) di setiap Kab/Kota. Kelima, peningkatan pemanfaatan saana komunikasi digital termasuk media sosial, media masa baik cetak maupun online, media luar ruang (seperti videotron).

   Rapat pleno TPAKD Kabupaten Kulon Progo ini diharapkan dapat menghasilkan program kerja yang berdampak bagi masyarakat Kulon Progo. Oleh sebab itu, saran dan masukan dari OPD maupun perbankan sangat diharapkan dapat memperbaiki kinerja program TPAKD tahun-tahun sebelumnya.

Penulis        : Bagian Perekonomian & SDA, Vina

Editor         : Ny